Disoroti Publik Soal Pertikaian Berdarah Desa Kaliasem, Korbannya Ditetapkan Sebagai Tersangka

Inagurasi.com | Singaraja –Penetapan tersangka Luh Ayu Widiani (47) dan anaknya Kadek Bayu Widana (19) sebagai tersangka pada pertikaian berdarah dengan keluarga Putu Mas Merta (47) dan Kadek Arsana alias Toris (50) di Banjar Dinas Lebah, Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng, beberapa bulan lalu.

Kasus ini mendapat sorotan publik setelah diambil alih oleh Polres Buleleng. Diketahui, Luh Ayu dan Bayu ditetapkan sebagai tersangka atas laporan balik Kadek Arsana(Toris) dalam kasus yang serupa.

Awalnya Polres Buleleng, menetapkan 2 orang tersangka atas laporan keluarga Putu Mas yakni Kadek Arsana bersama anaknya Gede Pariasa alias Porda. Mereka telah disangkakan melanggar Pasal 170 KUHP.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Masyarakat untuk Penegakkan Hukum dan Keadilan, (KoMPaK), paling keras menyoroti penetapan Luh Ayu Widiani dan anaknya Bayu sebagai tersangka dalam kasus sesuai Pasal 170 KUHP. Sedangkan, KNM(14) juga ikut ditetapkan tersangka tetapi telah diupayakan untuk dilakukan diversi.

Luh Ayu, Bayu maupun Putu Mas dan anaknya KNM (14) adalah korban dalam penyerangan yang dilakukan oleh Arsana, diduga terpengaruh miras saat ditegur malah mencari kerumah korban kala itu. Padahal dua keluarga yang sering bersebrangan itu saling tetanggaan.

Wakil Ketua LSM KoMPaK, Gede Sarya Tuntun mengatakan, dari awalnya dirinya sudah merasa curiga atas penetapan Luh Ayu dan Bayu sebagai tersangka. Padahal kata dia, keluarga Putu Mas (Luh Ayu, Bayu dan KNM) telah menjadi korban dan mendapat perawatan medis secara intensif atas aksi penyerangan brutal yang dilakukan Arsana dan anaknya.

Bukan hanya itu, mereka (keluarga Putu Mas) sudah dilindungi oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), sehingga sesuai Pasal 10 UU LPSK maka mereka tidak bisa dituntut secara pidana. “Aparat penegak hukum seolah mengabaikan aturan ini. Jadi ini perlu diluruskan,” kata Sarya.

3 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor

https://youtu.be/BAM30I7e0-Q