Kadislitbangad Pimpin Rapat Kesiapan IPTEK Pengaruh Perkembangan Teknologi Siber

Sehingga keberadan negara Republik Indonesia harus bisa menjaga pertahanan dan keamanan penduduknya dari ancaman dan serangan dari berbagai sudut termasuk serangan siber terhadap keamanan pertahanan negara.

“Kita semua harus siap siaga dibidang pertahanan dan keamanan khususnya menghadapi perang siber, ini menjadi hal yang sangat penting bagi Dislitbangad, khususnya pada Subdis IPTEK Dislitbangad,” katanya.

Ia pun menyambut baik keterlibatan berbagai nara sumber baik kalangan Praktisi maupun akademisi sehingga kedalaman seminar dapat diuji secara praktis dan ilmiah. Karena ini merupakan suatu keharusan untuk mengetahui perkembangan siber tersebut, dengan harapan memberi suatu penguatan pengetahuan serta memiliki Strategi Keamanan Siber Nasional.

Kemudian tambah Kadislitbangad,
beberapa referensi mengungkapkan secara tersirat bahwa serangan siber sendiri telah mengalami evolusi sesuai dengan perkembangan teknologi. Dari yang sifatnya kejahatan individu, sekarang ini menjadi kejahatan terorganisasi bahkan ada yang didukung oleh negara.

“Dari yang motifnya pribadi sudah berkembang menjadi motif kelompok, motif ideologi bahkan menjadi bagian dari cyber-war, sehingga Out camp dari seminar IPTEK ini dapat memberikan penguatan serta membuat suatu acuan bersama kepada seluruh pemangku kepentingan keamanan siber nasional dalam menyusun dan mengembangkan kebijakan keamanan siber di instansi masing-masing, berlandaskan ideologi Pancasila sebagai falsafah hidup, kultur strategis, dan dasar kekuatan bangsa,” tandas Kadislitbangad.

Her

5 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor

https://youtu.be/BAM30I7e0-Q