Lampung Barat Surganya Penikmat Kopi

Selain penghasil Kopi Robusta Kabupaten Lampung Barat juga merupakan penghasil kopi termahal didunia yaitu Kopi Luwak yang selalu dicari oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Wisatawan dapat menemukan Kopi Luwak disentra-sentra wilayah pengembangan Kopi Luwak yang tersebar di Kecamatan Balik Bukit.

Pengunjung selain dapat menikmati seduhan kopi luwak juga dapat mengamati proses pengolahan Kopi Luwak yang dihasilkan dari musang yang dipelihara dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan.

Saat ini Indonesia berada pada Urutan keempat setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia sebagai negara penghasil kopi terbesar. Sementara itu beberapa tahun silam ditahun 90-an negara vietnam pernah datang dan belajar Kopi ke Lampung Barat.

Semoga kini menjadi semangat baru dan mendorong petani kopi lampung untuk terus membudidayakan kopi yang berkualitas tinggi.

Bagi penikmat Kopi, jika ritual ngopi di cafe mahal atau dikedai-kedai kopi sudah terlalu membosankan, maka sebaiknya mencoba menikmati seduhan secangkir kopi yang disajikan di “Kampung Kopi Rigis Jaya” Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat.

Aroma kafein ditengah kebun Kopi menjadi pilihan berwisata yang menjanjikan sensasi yang berbeda. Menikmati secangkir kopi dengan kualitas yang tak kalah dari “coffee shop” dengan harga yang lebih terjangkau sambil bercengkrama dengan masyarakat sekitar tentang indah dan damainya hidup di desa tentu tidak dapat ditemui dikota-kota besar.

Selain itu, pengunjung akan diajak menyapa pepohonan kopi dengan berwisata mengelilingi kebun Kopi sambil belajar tentang budidaya kopi dan cara mengolah biji kopi hingga menjadi bubuk kopi yang berkualitas cita rasa kopi khas Lampung yang disukai para pencinta kopi dimana pun berada.

Ditambah lagi pada saat musim panen tiba maka pengunjung akan disuguhkan pemandangan buah kopi yang memerah dan dapat ikut serta memanennya. Selain wisata edukasi dikampung kopi saat ini tengah dibangun Agro Tekno Park Kopi Robusta Liwa Lampung yang diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan dan informasi serta etalase kopi robusta Lampung Barat.

Oleh sebab itu diharapkan Kopi Robusta Lampung Barat menjadi kian terkenal serta diminati konsumen di dalam maupun luar negeri.

Tri Umaryani, SP, M.Si

 

8 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor