Lampung Barat Surganya Penikmat Kopi

Inagurasi | Lambar – “Lampung Barat Surganya Penikmat Kopi” ini adalah tagline Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Produsen Kopi Robusta terbesar di Provinsi Lampung.

Perlu diketahui sepertiga Kopi Robusta yang dihasilkan oleh provinsi Lampung dipasok dari Kabupaten ini. Kopi Robusta Lampung Barat memiliki kekhasan cita rasa yang berbeda dengan kopi jenis serupa dari daerah lain.

Wajar apabila “Bicara Kopi, Ingat Lampung Barat”. Luas wilayah perkebunan kopi yang ada di Kabupaten Lampung Barat mencapai 53.612 Ha dengan produksi mencapai 57.664 ton.

Maka ketika kita memasuki wilayah Lampung Barat kita langsung disuguhkan hamparan perkebunan kopi yang terbentang disepanjang jalan dan ditambah dengan cuaca yang sejuk membuat kedamaian bagi para penikmatnya.

Biji Kopi Robusta Lampung Barat.

Pada bulan Oktober kita akan kembali disuguhkan oleh aroma bunga kopi yang begitu harum, mempesona, dan penuh kenangan. Selanjutnya pada bulan Juli tahun berikutnya bunga kopi telah berubah menjadi biji-biji kopi yang memerah disepanjang hamparan kebun petani.

Kopi bagi masyarakat Lampung Barat sudah menjadi urat nadi ekonomi yang telah diusahakan sejak turun-temurun dan hampir 70% penduduk Kabupaten Lampung Barat adalah petani Kopi. Sehingga, Kopi Robusta Lampung merupakan salah satu warisan leluhur yang harus dilestarikan sumberdaya alamnya.

Kopi juga merupakan perwujudan keramahan masyarakat Lampung Barat. Setiap tamu yang berkunjung akan disajikan segelas kopi robusta hangat yang diseduh dengan gula merah dan disandingkan buakh tat yang menjadi jamuan wajib masyarakat Lampung.

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia yang terkenal karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji citarasa yang setiap tahun dilakukan oleh Puslitkoka Jember dengan nilai mencapai skor diatas 80 yang artinya masuk dalam kategori “Very Good” sampai “Excellent”.

Kopi-kopi Robusta berkualitas yang dihasilkan oleh Lampung Barat telah hadir di cafe-cafe dengan nuansa khas anak muda dengan menyajikan berbagai jenis minuman kopi dengan kualitas yang tak kalah dari “coffee shop” dengan harga yang lebih terjangkau.

Kopi Lampung Barat juga telah memiliki Sertifikasi Indikasi Geografis dari Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham pada Tahun 2014 yang lalu.

3 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor