Film Invisible Hopes,  Kehidupan Anak Lahir Dalam Penjara dari Ibu Narapidana

Inagurasi.com – Film dokumenter “Invisible Hopes”, potret kejujuran kehidupan yang sebenarnya dari kehidupan anak-anak yang lahir di dalam penjara dari para ibu-ibu Narapidana.

Semula, Film Invisible Hopes (yang berarti sebuah pengharapan, tetapi Pengharapan itu adalah sesuatu yang tidak bisa,…) yang disutradarai sekaligus diproduseri oleh Lamtiar Simorangkir ini rencananya akan dibuat sebagai film pendek untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada anak yang lahir dan hidup di balik jeruji besi. Namun dalam proses pembuatannya berkembang menjadi sebuah film panjang yang berdurasi 1 jam 45 menit.

“Semua adegan dalam film ini tanpa settingan sedikitpun. Semua kisah kami paparkan yang sebenarnya. Kami sebagai pembuat film melakukan apa yang kami mampu, semoga film ini dapat dipakai untuk alat raising awareness, untuk bahan diskusi supaya ada sebuah solusi yang lebih baik bagi anak-anak dan ibu hamil dalam penjara,” kata Lamtiar pada konfrensi pers usai merilis film Invisible Hopes untuk kalangan wartawan dan media di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, (1/4/2021).

Menurut Tiar, sapaan akrab Lamtiar Simorangkir mengatakan bahwa dirinya semula tidak berpikir untuk mengangkat tema tersebut. Namun, karena dirinya melihat fakta yang memprihatinkan karena tidak sedikit anak-anak yang lahir di dalam penjara dari ibu-ibu narapidana membuat Lamtiar tergugah.

“Ternyata banyak anak yang lahir dan dibesarkan dalam penjara, kami sangat kaget. Buat kami itu tidak adil. Anak-anak itu harus hidup bebas dan bahagia, mendapatkan haknya sama seperti anak lainnya, sama seperti kami waktu kecil. Itu yang mendorong kami untuk membuat film Invisible Hopes,” tambah Tiar.

3 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor