Tips dari Polisi Hindari Pelaku Ganjal ATM

Jakarta, RadarBuana.com – Meski modus pelaku ganjal kartu ATM dan mencuri PIN kartu ATM bukan hal baru terjadi di Indonesia khususnya DKI Jakarta. Dan kerap pelakunya ditangkap oleh Polda Metro Jaya dan jajarannya, tetap saja modus ini terus terjadi dan memakan korban.

Untuk itu Kanit V Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKP Rulian Syauri menghimbau  untuk masyarakat yang ingin menarik uang menggunakan mesin ATM harus bisa mengetahui mesin itu sudah dimasukan tusuk gigi atau sejenisnya.

Karena secara kasat mata terkadang tidak sadar dengan Mesin ATM yang sudah dikasih tusuk gigi. Maka jangan terburu-buru cermati hal aneh pada ATM tersebut, Jika curiga dan ragu jangan lakukan transaksi.

“Perbedaannya itu ketika kita masukan kartu pasti itu seret atau rada macet. Karena kalau mesin normal itu dia narik kartu dan kalau sudah ada tusuk gigi atau sejenisnya dia pasti perlu didorong dulu,” terangnya.

Ia pun mengingatkan kepada masyarakat jika sudah merasakan hal ini untuk tidak melanjutkan transaksi. Sebab, biasanya di sana sudah ada pelaku yang menunggu untuk pura-pura membantu.

Cara Hindari Pelaku Ganjal ATM

Mantan Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Barat ini melanjutkan, ada beberapa Tips untuk hindari uang di dalam kartu ATM dikuras habis oleh pelaku Ganjal ATM.

Pertama, jika mendapati kartu ATM terganjal, jangan mudah percaya kepada orang disekeliling atau disekitar ruang ATM. Sebab, bisa saja orang yang membantu itu adalah pelaku kejahatan.

“Karena memang modus mereka seperti itu berpura-pura membantu,” terangnya.

Kedua, sebisa mungkin merahasiakan pin kartu ATM jangan sampai pelaku melihat atau mengetahui PIN. Pasalnya, ketika pelaku membantu otomatis dia akan menyuruh korban untuk memasukan PIN.

33 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *