Agar Remaja Terhindar Pergaulan Bebas

Inagurasi.com – Bicara mengenai pergaulan bebas, biasanya hal tersebut mengarah kepada para remaja. Masa dimana seorang anak mulai mencari jati dirinya dengan mencoba – coba berbagai hal baru yang dianggapnya bisa membuatnya menjadi lebih dewasa.

Usia remaja adalah saat dimana seorang anak memasuki fase yang paling labil dalam kehidupannya. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, pergaulan bebas di kalangan remaja telah mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Kecanggihan teknologi dan kemudahan berkomunikasi serta tersedianya beragam fasilitas justru membuat para remaja mempunyai kebebasan yang melewati batas.

Remaja pun dengan mudah mengakses beragam informasi yang menyesatkan dan tidak sesuai dengan norma sosial yang berlaku, serta langsung menirunya karena menganggap hal tersebut membuat mereka lebih hebat. Banyak orang tua yang memberikan akses internet tanpa menyadari dampaknya terhadap anak yang terpengaruh akan sulit menghindari pergaulan bebas.

Ada beberapa penyebab pergaulan bebas yang dilakoni para remaja ini merupakan sebuah persoalan yang kompleks dan tidak dapat dilihat secara sekilas saja. Diantaranya:

1.Kurangnya Pengawasan Keluarga  

Kurangnya kontrol sosial dari lingkungan terutama keluarga membuat seorang remaja merasa bebas untuk melakukan apa yang dia anggap benar dan tidak mendapatkan bimbingan tentang hal yang benar dan salah. Kekurangan perhatian di rumah sering membuat anak melakukan cara membahagiakan diri sendiriyang salah.

2.Lingkungan yang Kurang Baik

 Apabila seseorang tidak mendapatkan contoh yang baik dalam kesehariannya atau tumbuh dalam lingkungan yang bebas, maka ia tidak akan tahu bagaimana caranya bergaul sesuai dengan norma yang telah ditetapkan dalam masyarakat.

45 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *