Berbagai Jenis Burung Merpati Hias Indah Nan Mempesona

10. Merpati Cropper dan Merpati Pouter

erpati ini berasal dari bermacam-macam daerah tergantung dari mana ia dibudidayakan. Biasanya akan terlihat dari nama yang disematkan. Ciri khas unik dari merpati ini adalah memiliki tembolok yang menggelembung besar seperti balon. Berbagai macam jenis pouter dan cropper yang di kenal di berbagia negara khususnya Indonesia, seperti berikut ini.

11. Merpati Archangel

Merpati ini diketahui berasal dari daerah Dalmatia atau Illyria. Ciri khas istimewa dari merpati ini adalah adanya warnanya yang cenderung cerah dan terdapat kilauan warna metalik/logam pada sebagian bulu-bulunya.

12. Merpati Chinese Owl

Tidak sesuai dengan namanya, asal mula merpati ini sebenarnya bukanlah dari China, tetapi dari daerah India atau Spanyol. Sebutan Owl disematkan berdasarkan ciri khasnya yang terletak pada kepala nya yang agak membundar dan paruhnya yang pendek menyerupai burung hantu.

13. Merpati German Beauty Homer

Merpati ini berasal dari Jerman. Pada awalnya merpati ini dikenal sebagai merpati pos/hommer, namun karena seiring berjalannya waktu, akhirnya merpati ini dikembangkan menjadi merpati hias, dikarenakan posturnya yang agak besar dan hommingnya yang rendah sehingga tidak memungkinkan lagi menjadi atlit pada lomba merpati.

14. Bokhara Trumpeter

foto/Fancy Pet

Merpati ini berasal dari daerah Bokhara (Asia). Sesuai dengan julukan namanya, merpati ini memiliki ciri khas suara yang mirip seperti terompet. Terdapat dua jambul/bulu yang membentuk pola seperti bunga mawar pada bagian kepalanya, sehingga sering disebut dengan nama double cup. Terkadang jambulnya bisa sampai menutupi bagian kepalanya.

15. Merpati Felegyhazer Tumbler

foto/pawirobirdfarm.com

Merpati ini berasal dari nama kota di daerah Hungaria, Kiskunfelegyhaza. Awalnya hanya dikembangkan sebagai merpati penerbang tinggi. Namun, dalam perkembangannya, kemudian diperuntukkan sebagai merpati hias.

16. Merpati Brongsong

Merpati ini merupakan merpati lokal Indonesia. Endemik di daerah jawa timur seperti Tulungagung, Kediri, dan Blitar. Ciri khas merpati ini, memiliki badan yang besar, juga jambul yang lebar di bagian kepala hingga ke pipi. Pada bagian kakinya tidak terdapat bulu.

17. Merpati Pajer

foto/ Tokopedia

Merpati ini juga merupakan merpati lokal Indonesia.  Ciri khas dari merpati ini adalah paruhnya yang panjang, tengkorakk kepala yang pipih, dan memiliki jambul di bagian belakang kepalanya. Selain itu, merpati ini memiliki kelebihan istimewa, yaitu memiliki kemampuan dapat terbang tinggi.

18. Merpati Wulung

foto/bertani

Merpati ini merupakan merpati lokal Indonesia. Ciri khas unik dari merpati ini adalah motif warna tubuhnya yang mirip elang wulung (elang bondol/elang laut), yaitu dominasi warna putih dan coklat pirang. Oleh karena itu, orang Indonesia menyebut elang ini dengan sebutan elang wulung. Merpati ini juga memiliki jambul di atas kepalanya.

(dari berbagai sumber)

40 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *