Ini Tempat Dianggap Keramat, Kerap Dikunjungi

Inagurasi.com– Inilah destinasi ziarah Makam Keramat yang digemari, karena dianggap bisa mendatangkan berkah dan membawa peruntungan.

Mana saja  Makam Keramat yang kerap dikunjungi para penziarah:

1.Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati adalah satu dari sembilan Walisongo yang membantu penyebaran ajaran Islam di Nusantara. Untuk mengenang jasanya dalam menyebarkan agama Islam, banyak orang yang menjadikan makam Sunan Gunung Jati sebagai destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan.

Makam Sunan Gunung Jati berada di Cirebon, Jawa Barat.

  1. Masjid Agung Demak

( Gambar: Wikipedia)

Masjid Agung Demak merupakan salah satu destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan sekaligus salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Agung Demak dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya Wisongo.

Di dalam kompleks Masjid Agung Demak juga terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak termasuk makam Sultan Fattah yang merupakan raja pertama kesultanan demak.

  1. Makam dan Goa Pamijahan Tasikmalaya

Tasikmalaya dikenal sebagai kota para santri. Di kota ini, terdapat makam dan gua Pamijahan yang menjadi tempat wisata ziarah terbesar di Tasikmalaya dan di Jawa Barat. Pamijahan merupakan gua alam dan makam dari seorang wali bernama Kangjeng Syekh Abdul Muhyi, penyebar agama Islam di Jawa Barat.

Tempat ini seringkali dipadati pengunjung sebagai destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan.

  1. Makam Kadilangu

(Gambar: Tribunnews)

Destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan berikutnya adalah makam Sunan Kalijaga Kadilangu di Demak, Jawa Tengah. Sunan Kalijaga merupakan salah satu dari sembilan Walisongo.

Makam Kadilangu dinilai merupakan makam yang keramat bagi warga sekitar, karena itu orang-orang seringkali datang untuk ziarah kubur saat bulan Ramadan.

  1. Setono Gedong Kediri

(Gambar: Harnas

 

Destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan berikutnya adalah Setono Gedong Kediri yang di dalamnya terdapat makam Syech Wasil Syamsuddin. Syech Wasil Syamsuddin dipercayai adalah seorang ulama besar dari Persia yang datang ke Nusantara untuk menyebarkan agama Islam.

  1. Masjid Luar Batang

(Gambar: Tokopedia

 

Masjid Luar Batang adalah sebuah Masjid yang terletak di Jakarta Utara. Di dalam masjid ini terdapat makam seorang ulama bernama Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau lebih dikenal dengan ‘Habib Husein’.

Beliau merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW yang hijrah ke tanah Jawa. Masjid Luar Batang sering didatangi peziarah dari berbagai pelosok tanah air sehingga dianggap sebagai salah satu destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan.

  1. Banten Lama

( Gambar: Wikipedia)

Banten Lama adalah situs yang merupakan sisa kejayaan Kerajaan Banten. Di tempat ini terdapat banyak Situs peninggalan dari Kerajaan Banten, diantaranya, Istana Surosoan, Masjid Agung Banten, Situs Istana Kaibon, Benteng Spellwijk, dan lain-lain.

Pada kompleks Masjid Agung Banten, terdapat kompleks makam Sultan-sultan Banten beserta keluarganya. Karena itu, Banten Lama dikenal sebagai salah satu destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan.

  1. Masjid Baiturrahman

(foto: Wikipedia)

Masjid Raya Baiturrahman merupakan sebuah masjid yang terletak di jantung kota Banda Aceh. Masjid yang megah ini dibangun saat kesultanan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda pada sekitar tahun 1612.

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid keramat bagi masyarakat Aceh dan sering dijadikan destinasi ziarah kubur saat bulan Ramadan.

Itulah destinasi ziarah kubur Makam Keramat populer. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut?  (sumber **/tokopedia)

 

29 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *