Kupat Blengong, Salahsatu Kuliner Gurih Nan Nikmat di Tegal

Tegal, Inagurasi.com – Kuliner Tegal Selain Kupat Bongkok ada Kupat Blengong. Nama keduanya mungkin sedikit aneh di telinga. Akan tetapi kuliner khas Kota Tegal satu ini menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba jika, sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Tegal.

Kupat Blengong merupakan kuliner ketupat yang disajikan bersama dengan sate blengong. Sate yang terbuat dari unggas hasil perkawinan antara bebek dan itik.

Jika dirasakan, sate blengong bakar mirip dengan sate kambing, hanya saja tidak memiliki bau prengus dan rendah kolesterol.

Dan blengong lebih kenyel dan tidak bau prengus. Kandungan kolesterol yang rendah bisa jadi alternatif yang ga doyan sate kambing,

Bahkan, kupat blengong sudah memiliki sentra kuliner sendiri yang berada di Jalan Sawo Barat, Tegal Barat, Kota Tegal.

Para pedagang biasanya menyediakan berbagai olahan daging blengong sebagai penambah untuk menyantap kupat dengan kuah kental ini, di antaranya sate blengong, empal blengong, blengong goreng, dan sate balungan.

Untuk harganya, satu porsi kupatnya saja dibanderol Rp 6 ribu, sate blengong dan sate balungan Rp 3 ribu, sementara empal blengong dan blengong goreng ditarif Rp 8 ribu hingga Rp 12 ribu. Ibeng

41 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *