KAI Belum Pastikan Saat New Normal Apakah KA Beroperasi Seperti Biasa 

Jakarta, Inagurasi.com –  Menjelang pemberlakuan New Normal, sejumlah kegiatan bisnis dibuka. Namun apa kah transportasi, salahsatunya Kereta Api, apakah juga ikut beroperasi normal seperti biasa?.

Itulah yang dipertanyakan masyarakat yang sangat membutuhkan tranportasi kereta api. Sejumlah warganet di media sosial Twitter misalnya, menanyakan melalui akun resmi Twitter milik PT Kereta Api Indonesia (KAI), @KAI121. Mengenai jadwal keberangkatan kereta api (KA) ke berbagai daerah.

Tangkapan layar pertanyaan mengenai pengoperasian KA di Twitter(Twitter) “Hai @KAI121 apa kereta tujuan ke Semarang dari solo hingga sekarang tidak tersedia?,” tulis salah satu akun. “Min kereta jarak jauh kapan beroperasi lagi ? @KAI121,” tulis akun lainnya.

Seperti diketahui, PT KAI telah menyiapkan pedoman new normal dalam pelayanan penumpang dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Akan tetapi VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menyebutkan hingga saat ini belum ada kebijakan mengenai pengoperasian jadwal kereta seperti saat kondisi normal.

Menuruntya pihaknya masih akan melihat perkembangan kondisi. “Kita tetap akan melihat situasi dan kondisi yang berkembang nanti pada saat new normal diterapkan,” sebut Joni beberapa hari lalu, dilansir Kompas.com

Dijelaskannya  terkait dengan perjalanan KA, pihaknya terus mengkaji dari sisi operasional, pelayanan, pangsa pasar, permintaan kebutuhan masyarakat, hingga aspek komersial.

Selain itu, lanjutnya, PT KAI juga terus melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan selaku regulator.

“Namun, sampai dengan saat ini kita masih tetap mengoperasikan kereta jarak jauh KLB. Belum ada perubahan,” kata Joni.

Sementara terkait dengan kebijakan pengoperasiaan KA selain kereta jarak jauh masih dalam kajian dan koordinasi.

Kereta jarak jauh KLB

Lebih jahu Joni memaparkan,  kereta jarak jauh KLB dijalankan setiap dua hari sekali. KLB dari arah Surabaya hanya akan beroperasi setiap tanggal genap dan KLB dari arah Jakarta dan Bandung akan beroperasi setiap tanggal ganjil.

Adapun detail jadwal operasi KLB terbaru sebagai berikut: Dari Surabaya: beroperasi hanya pada 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28, dan 30 Mei 2020. KLB KP/10477 Surabaya Pasarturi – Gambir (lintas utara) KLB KP/10507 Surabaya Pasarturi – Gambir (lintas selatan) KLB KP/10497 Surabaya Pasarturi – Bandung Dari Jakarta dan Bandung: beroperasi hanya pada tanggal 15, 17, 19, 21, 23, 25, 27, 29, dan 31 Mei 2020. KLB KP/10476 Gambir – Surabaya Pasarturi (lintas utara) KLB KP/10502 Gambir – Surabaya Pasarturi (lintas selatan) KLB KP/10494 Bandung – Surabaya Pasarturi

Mengenai pedoman new normal  menurut Joni akan diaplikasikan saat KA Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi. Didalamnya disebutkan bahwa nantinya tiket hanya dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access, web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian go show.

Pembelian tiket melalui loket ini dilayani tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Sejumlah protokol kesehatan juga akan diberlakukan, seperti mewajibkan penggunaan masker, face shield, dan pengecekan suhu. Proses boarding pun nantinya akan dilakukan secara mandiri oleh masing-masing penumpang. Her

23 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *