Penantian Panjang, Jurnal Prodi Hubungan Internasional AMIKOM, Akhirya Terakreditasi

Sementara itu Ketua Program Studi Hubungan Internasional, Tahajudin Sudibyo, M.A juga  menyampaikan rasa bahagianya. “Alhamdulillah. Selama ini kerja keras tim pengurus jurnal Prodi Hubungan Internasional Universitas Amikom Yogyakarta tidak sia-sia dan telah membuahkan hasil yang luar biasa yang akan dapat menginspirasi dan memotivasi pengurus jurnal prodi lainnya,” ujarnya.

Menurut Tahajudi, akreditasi jurnal semacam ini terjadi pertama kali, dan sekaligus menjadi catatan historis di Universitas Amikom Yogyakarta.

“Semoga ke depan jurnal kita menjadi semakin bermanfaat sebagai wadah pengembangan publikasi ilmiah dalam bidang Hubungan Internasional,”  sebutnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial, Emha Taufiq Luthfi ketika dihubungi  via online menyampaikan juga apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Mitra Bestari NSJIS atas keberhasilannya dalam pengelolaan Jurnal tersebut sehingga dapat memperoleh akreditasi nasional SINTA.

Lebih lanjut Rezki Satris memaparkan Nation State adalah Journal of International Studies adalah salah satu jurnal di bidang sosial politik di bawah program studi hubungan internasional, Fakultas Ekonomi dan Sosial yang berkolaborasi dengan  Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII).

Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi para ilmuwan dan peneliti dalam mengembangkan ide dan gagasan dalam bidang hubungan internasional. Adapun Scope jurnal terdiri dari Ekonomi Politik Global, Diplomasi dan Kebijakan Luar Negeri, Globalisasi dan Pemerintahan Global, Keamanan International serta topik yang berhubungan dengan isu-isu hubungan internasional.

Di lingkungan Fakultas Ekonomi Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta saat ini terdapat 3 Jurnal yang di dorong untuk memperoleh akreditasi nasional SINTA.

Pertama adalah Nation State: Journal of International Studies (NSJIS) yang dikelola program studi Hubungan Internasional bekerjasama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII).

Kedua, Journal Social Politics and Government (JSPG) dari program studi Ilmu Pemerintahan bekerjasama dengan Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan (KAPSIPI).

Dan yang ketiga adalah Publikasi Ilmu Komunikasi Media dan Cinema (PIKMA) dari program studi Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) sebagai satu-satunya asosiasi yang menghimpun para pengelola pendidikan tinggi ilmu komunikasi baik di tingkat jurusan maupun program studi atau Fakultas di seluruh Indonesia.

“Keberadaan jurnal-jurnal ini yang kedepan semuanya ditargetkan terakreditasi merupakan wadah atau media kolaborasi ilmiah civitas akademik Fakultas Ekonomi Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan civitas akademik dari perguruan tinggi lain,” pungkas Rezki Satris.

Her

47 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *