Usai Libur Harga Emas Atam yang Libur

Jakarta, Inagurasi.com –Usai  libur sehari pada Kamis untuk merayakan Hari Raya Kenaikan Isa Almasih, harga emas Antam malah yang libur, merosot ke zona merah pada Jumat, mencapai -1%.

Fluktuasi harga emas Antam terjadi mulai melemah pada Senin dan Selasa, lalu menguat 0,2% pada Rabu. Penurunan ini menunjukkan bahwa faktor lokal, yakni momen jelang Lebaran ditengah pandemi corona. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang  biasanya momen lebaran memicu kenaikan permintaan emas dan membantu mendongkrak harga, tahun ini tidak terjadi.

Tak dimungkiri Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi Covid-19 menekan ekonomi dan daya beli masyarakat, juga terdampak banyaknya pekerja yang dirumahkan, bahkan banyak juga mengalami PHK.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Indonesia per Februari mencapai 6,9 juta orang. Padahal saat itu Covid-19 belum menginfeksi perekonomian. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memperkirakan angka pengangguran bakal mencapai 10 juta orang akibat pandemi.

Kondisi demikian, maka tidak heran jika permintaan emas cenderung menurun, karena yang mendapatkan THR kian sedikit. Mereka yang mendapat uang kaget tersebut pun pembelanjaannya bakal lebih ditujukan untuk keperluan konsumsi dan bukan investasi. Bahkan, emas yang sudah dimiliki untuk menutup kebutuhan Lebaran di tengah terpaksa dijual. Ig

64 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *