Dihindari dan Dilakukan Ini Jika Miliki Sinusistis

Jakarta, Inagurasi.com – Ada penafsirang yang salah,  menganggap sinusitis sama halnya dengan flu biasa, padahal hal ini jelas berbeda.

Perlu diketahui Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada sinus. Efek lanjutnya jika tidak ditangani dengan baik, sinusitis dapat berdampak pada penyakit lain, bahkan berkebang menyebabkan meningitis.

Oleh karennya bila mengidap sinusitis, perlu langkah beberapa hal yang dapat dilakukan dan yang harus dijahukan, agar tidak makin parahnya sinusitis tersebut.

Apa itu yang harus dilakukan ? Saat sinusitis menyerang:

Jaga agar jangan terhidrasi

Minumlah air yang banyak. Lebih bagus menim  Teh Hangat, karena bisa meringankan hidung yang tersumbat. Efek lainnya, kehangatan the hangat sendiri bisa memberikan rasa nyaman pada saat  meminumnya.

Kompres dengan suhu hangat

Kompres hangat menghasilkan kelembapan yang dihasilan oleh kompresan yanga akan bisa meredakan tekanan sinus dan membuka saluran hidung yang tersumbat.

Fungsi kompres hangt juga bisa mengurangi rasa sakit yang diderita akibat sinus. Selain itu  mandi air hangat juga dapat membantu mengeluarkan lendir.

Gunakan humidifier

Humidifier menghasilkan uaap dingin dapat menghindari dari pengap. Tapi perlu pastikan menjaga kebersihan airnya.

Cara bersihkannya, kosongkan tangkinya setiap hari dan cucilah sebelum Anda mengisinya kembali. Bersihkan dengan pemutih atau cuka yang telah diencerkan selama seminggu sekali untuk menjauhkan humidifier dari bakteri dan jamur.

Hal yang perlu dihindari, diantaranya:

Hindari alkohol

Memang penderita sinusitis memerlukan asupan cairan yang banyak. Akan tetapi alkohol bukanlah saah satu asupan minuman yang baik untuk dikonsumsi. Sebabnya, alkohol justru akan menambah dehidrasi dan menyebabkan sinus serta lapisan hidung membengkak, sehingga sinusitis yang akan lebih parah.

Cermati memilih obat bebas

Masalah hidung tersumbat juga dapat diatasi dengan semprotan hidung dekongestan. Akan tetapi jangan sampai menggunakannya terlalu berlebihan. Pasalnya hal ini akan membuat gejala sinusitis menjadi lebih buruk. NN

 

86 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *