Ganjil Terakhir Ramadhan 1441 H Jumat Malam, Banyak Keutamaan Malam Ganjil

Inagurasi.com – Malam ganjil terakhir di bulan Ramadhan 1441 H pada Jumat (22/5/2020) dini hari, merupakan malam hari ke-29 Ramadhan.

Banyaknya keutamaan pada malam ganjil sepuluh hari terakhir, diantaranya terdapat malam mulia, dilipatgandakannya pahala, lebih baik dari 1000 bulan.

Pada malam Lailatul Qadar sangat dianjurkan doa oleh Nabi Muhammad SAW.

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari no. 2024 dan Muslim no. 1174).

Doa yang Dianjurkan Rasulullah

Sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada Lailatul Qadar.

Terlebih doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana terdapat dalam hadis dari Aisyah.

عَنْ عَائِشَةَ ، قَالَتْ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا ؟ قَالَ : قُولِي : اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Dari Aisyah yang berkata, “Saya bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika saya mendapati malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku baca?’ Rasulullah bersabda, ‘Bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).’” (HR. Al-Tirmidzi)

Doa ini bersumber dari kitab Sunan Al-Tirmidzi, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Syu’ab Al-Iman, dan Mustadrak ‘Ala Al-Shahihain.

Imam Al-Hakim mengatakan, hadis ini adalah sahih sesuai syarat Imam Al-Bukhari dan Muslim.

Maka kepada umat Muslim 10 hari terakhir, terutama di malam-malam ganjil, disunahkan oleh Rasulullah SAW untuk menghidupkan Lailatul Qadar dengan memperbanyak iktikaf, berzikir, dan istighfar.

Buku Panduan Ramadhan terbitan pustaka Muslim disebutkan, Mujahid, Qotadah, dan ulama lainnya berpendapat, yang dimaksud lebih baik dari seribu bulan adalah salat dan amalan pada Lailatul Qadar lebih baik dari salat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar.

Yang dimaksudkan menghidupkan Lailatul Qadar adalah menghidupkan mayoritas malam dengan ibadah dan tidak mesti seluruh malam.

Menghidupkan malam Lailatul Qadar pun bukan hanya dengan salat, bisa pula dengan zikir dan tilawah Al-Qur’an.

  1. Tadarus Al-Qur’an

Hadis tentang keutamaan membaca Al-Qur’an yang terkenal adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud sebagai berikut:

“Abdullah ibn Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan merupakan waktu turunnya Al-Qur’an. Umat Muslim sangat dianjurkan membaca atau tadarus Al-Qur’an.

  1. Mengerjakan Qiyamul-Lail

Menerjakan qiyamul-lail di malam hari saat bulan Ramadhan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Barangsiapa mengerjakan qiyam (salat) Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.” [HR. al-Bukhari dan Muslim].

Salat malam merupakan salat yang paling utama setelah salat lima waktu.

Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik salat setelah salat fardlu adalah salat malam.” (HR Muslim).

  1. Itikaf

Itikaf merupakan satu cara untuk menghidupkan malam kemuliaan Lailatul Qadar yang turun di 10 hari malam terakhir di bulan Ramadhan.

Namun demikian, di tengah pandemi virus corona di bulan Ramadhan 1441 Hijriah kali ini, tidak sedkit umat Muslim yang bertanya terkait pelaksanaan itikaf di rumah saja.

Beberapa ulama menyatakan iktikaf hanya bisa dilakukan di masjid, Namun ada pula pendapat yang menyatakan iktikaf bisa dilakukan dari rumah.

  1. Zikir

Perintah untuk berzikir kepada Allah terdapat dalam beberapa surat di Al-Qur’an, satu di antaranya pada surat Al-Araf ayat 205.

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut) nama Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya.”

Zikir adalah amalan ibadah yang paling mudah dilakukan, kapan pun dan di mana pun.

Amalan sunah lainnya, dianjurkan juga untuk membaca doa di malam hari.

 

32 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *