Tanaman Herbal yang Bisa Tingkatkan Stamina Pria

Inagurasi,.com  – Dilansir dari Medicinenet, testosteron adalah hormon penting dalam tubuh manusia. Hormon ini biasanya memuncak pada umur 20 tahun, akan tetapi setelah 30 tahun hormon ini mulai menurun setiap tahunnya.

Tercatat terdapat 19 hingga 39 persen pria yang lebih tua mungkin memiliki kadar testosteron yang rendah. Sebagaimana dilansir dari Healthline, tentu permasalahan ini akan mengganggu pertumbuhan dan juga kesehatan.

Kekurangan hormon ini pada orang dewasa mengakibatkan energi yang rendah, masa otot yang rendah, kemandulan, ejakulasi dini, hingga, keinginan seks yang rendah, hingga masa otot yang rendah.

Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa meningkatkan stamina, kesehatan, dan ketahanan pria, yaitu:

  1. Jahe

Ekstrak jahe atau jahe berdampak pada testosterone,  karena produksinya ditingkatkan pada suplementasi jahe. Jahe bisa meningkatkan produksi testosterone, dikarenakan kandungan dalam jahe meningkatkan kadar kolesterol dalam testis, mengurangi stres oksidatif dan peroksidasi lipid dalam testis, meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tertentu, menormalkan glukosa darah, meningkatkan produksi oksida nitrat dan meningkatkan aliran darah dalam sel Leydig, meningkatkan berat testis, dan mendaur ulang reseptor testosteron.

  1. Royal Jelly

Royal jelly merupakan zat yang disekresikan oleh lebah pekerja untuk digunakan sebagai makanan ratu lebah dan larva lebah madu. Zat ini berguna dapat membantu ratu lebah dalam proses ‘prokreasi’ dan memberikan makanan kepada larva lebah madu supaya dapat berkembang maksimal.

Dilansir dari laman Researchgate berdasarkan penelitian yang melibatkan 83 laki-laki mandul, menunjukkan bahwa royal jelly mengandung zat seng atau zinc yang mana zat ini dapat meningkatkan jumlah sperma dan kepadatannya.

  1. Pasak Bumi

Pasak bumi memiliki nama lain Tongkat Ali dan Eurycoma longifolia. Tanaman ini adalah obat herbal yang telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Asia Tenggara selama berabad-abad.

Tumbuhan ini sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam, disfungsi ereksi, dan infeksi bakteri. Dilansir dari Healthline, pasak bumi mengandung flavonoid, alkaloid, dan senyawa lain yang bertindak sebagai antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Pasak bumi memiliki kemampuan meningkatkan testosteron pada pria.

  1. Tribulus

Tanaman memiliki nama lengkap Tribulus terrestris adalah tanaman berdaun kecil. Ini juga dikenal sebagai anggur tusukan, Gokshura, caltrop dan kepala kambing.

5.Gingseng

Dilansir dari NCBI, penelitian di Korea Selatan pada tahun 2002 mengakui bahwa 60 persen pria yang mengonsumsi gingseng memiliki peningkatan dalam penyakit disfungsi ereksi yang dialaminya.

6.Cabe Jawa

Uji klinik ekstrak cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) yang dilakukan oleh Moeloek dkk (2010) pada dosis 100 mg/hari pada 9 pria hipogonad, menghasilkan 7 dari 9 pria tersebut menunjukkan adanya peningkatan kadar testosteron darah. Pada dosis 100 mg/hari ekstrak cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) bersifat androgen lemah dan dapat meningkatkan frekuensi koitus pria hipogonad dan bersifat aman.

  1. Purwoceng

Tumbuhan pegunungan ini terkenal karena khasiat afrodisiak pada akarnya. Afrosidiak adalah zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Pada perkembangannya, akar biasanya diolah dalam bentuk bubuk, campuran kopi atau susu. (dari berbagai sumber).

admininagurasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wapres :Program Prioritas Tersebut untuk Mengentaskan Kesenjangan dan Kemiskinan

Sel Nov 26 , 2019
Jakarta, inagurasi.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin minta kepada Gubernur atau seluruh kepala daerah mendukung lima program prioritas pemerintahan dirinya dan Presiden Jokowi.  Program Prioritas tersebut untuk mengentaskan kesenjangan dan kemiskinan di Indonesia, Yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan […]