Airin: Sertifikasi Pra Nikah Bertujuan Memberikan Edukasi Bagi Pasangan Calon Pengantin

Tangerang, Inagurasi.com – Kementerian Agama Republik Indonesia mulai 2020 mendatang akan memberlakukan sertifikat pra nikah bagi pasangan calon pengantin.

Kebijakan pelayanan ini untuk memastikan bahwa setiap warga berusia cukup yang berlainan jenis ingin menempuh mahligai hidup harus memahami segalanya.

“Karena menikah bukan hanya sekedar cinta doang,” kata Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, (Kamis, 21/11/2019).

Ia secara lugas menyatakan setuju dengan program Kementerian Agama yang menerapkan sertifikasi pra nikah.

Apalagi dirinya mendengarkan langsung saat pertama kali disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Airin menjelaskan, ketika itu dijelaskan bagaimana pasangan pria dan wanita cukup yang ingin memutuskan menikah harus mengetahui seluk beluk membiduk bahtera rumah tangga.

“Menurut saya itu benar. Mesti tahu bagaimana misalnya mohon maaf dalam tanda kutip ‘pada saat melakukan’, bagaimana agar hamil anaknya sehat, itukan harus diajarin,” jelasnya.

Menurutnya, sertifikasi pra nikah ini bertujuan memberikan edukasi bagi pasangan calon pengantin. Meski demikian ia belum mengetahui persis mekanisme penerapan program tersebut.

Airin pun sedikit bercerita tentang pengalamannya dahulu saat pra nikah dengan Tubagus Chaeri Wardana alias terdakwa kasus Tindak Pidana Pencucian Uang. Ketika itu informasi yang diterima olehnya dari Kantor Urusan Agama setempat masih sangat terbatas.

“Jadi saya waktu dulu mau nikah, cuma diajarkan bagaimana tentang agama, tentang hidup baik dan lainya. Tapi tak kalah pentingnya adalah edukasi. Misalnya bagaimana edukasi tentang sex, edukasi tentang melahirkan anak yang sehat di 1000 hari pertama mulai dari pra kehamilan, sampai kandungan di dalam perut kita sampai bayi lahir dan sampai usia 2 tahun. Kalau dulu saya kan malu menanyakan itu ke orang tua, kalau anak sekarang sih engga malu ya, jadi beda anak sekarang. Nah itu perlu, kalau ke orang lain kan nyaman nanya-nanyanya,” cerita Airin.  Anes

admininagurasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

38 Musisi  Era 90an Ramaikan The 90’s Festival

Ming Nov 24 , 2019
Jakarta, Inagurasi.com -Ajang Jakarta, The 90’s Festival kembali digelar pada 23 dan 24 November di Jiexpo Kemayoran Jakarta. Turut hadir pada acara tersebut 38 musisi  era 90an, beragam permainan hingga barang-barang jadul. Festival ini dimaksudkan sebagai ajang bernostalgia mengenang masa-masa ‘Jaman dulu’ […]

You May Like