Jangan Ragukan Kemampuan Diri Sendiri

Inagurasi.com – Pernahkah kamu memiliki ide, target, atau cita-cita yang menurutmu brilian? Entah itu ide kreatif untuk memulai usaha.Namun, di waktu yang bersamaan, tiba-tiba muncul pikiran negatif dari dalam dirimu sendiri.

Merasa tidak percaya diri dengan ide dan gagasanmu, menjadi minder karena merasa tidak cukup pintar. Lalu mulai membandingkan dengan orang lain, kemudian merasa tidak lebih pintar, dan mumpuni dari mereka.  Sehingga menunda untuk melakukannya karena merasa belum siap. Sampai akhirnya gagasanmu menguap dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Tahukah kamu bahwa caramu berpikirlah sebenarnya musuh utamamu. “Musuh dari semua kreativitas adalah keraguan pada kemampuan diri sendiri”

Tapi tenanglah, cara berpikir seperti ini masih dapat diubah, agar kamu selalu punya kekuatan untuk percaya terhadap dirimu sendiri, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Berhentilah membanding-bandingkan kemampuanmu dengan orang lain.

Setiap orang punya kemampuan dan pencapaian yang berbeda-beda yang tidak untuk dibanding-bandingkan.  Ketika kamu mulai membanding-bandingkan kemampuanmu dengan kemampuan orang lain, kamu pasti akan merasa rendah diri. Ingatlah bahwa pencapaian orang lain bukanlah ukuran untuk menilai pencapaianmu. Salah besar ketika kamu berpikiran bahwa sukses adalah ketika pencapaianmu lebih baik, lebih besar, atau lebih tinggi dibandingkan dengan pencapaian orang lain.

  1. Ekseskusi sesegera mungkin ide dan gagasan brilianmu, agar kamu tak punya banyak waktu lagi untuk meremehkan diri sendiri.

Ketika kamu memiliki gagasan yang menurutmu brilian, atau target di dalam kepalamu, eksekusilah sesegera mungkin. Dengan begitu kamu tidak akan punya waktu untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain yang akan membuatmu minder.

  1. Jangan mencemaskan apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Tapi cemaslah jika kamu mulai kehilangan semangat dan berhenti melangkah

Jangan terlalu mencemaskan pendapat orang lain tentangmu. Kesampingkan pendapat mereka tentang apa yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan. Karena ketika kamu memilih untuk mendengar pendapat orang lain, kemungkinan besar kamu akan merasa cemas, takut, dan meragukan kemampuanmu sendiri.

  1. Jangan malu untuk meminta bantuan. Meminta bantuan menunjukkan bahwa kamu mau belajar tentang hal-hal baru yang belum pernah kamu ketahui

Adalah hal yang keliru ketika kamu berpikiran bahwa semua gagasanmu itu harus dieksekusi sendiri. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang menunjang langkahmu, dan ikutilah diskusi-diskusi yang akan membuka wawasanmu.

Tak usah malu untuk mengakui bahwa kamu memang belum bisa pada suatu hal tertentu. Berkonsultasilah kepada orang-orang yang kamu anggap lebih mumpuni dibidang tersebut,  pelajarilah ilmu yang kamu dapat, sesuaikanlah dengan karaktermu, dan kemudian lakukanlah dengan caramu.

  1. Bila di tengah jalan bertemu dengan kegagalan, jangan takut! Jadikanlah kegagalanmu sebagai guru dan teman perjuangan

“Kebanyakan kegagalan dalam hidup adalah ketika orang-orang tidak menyadari betapa mereka sangat dekat dengan sukses ketika mereka memilih untuk menyerah.”  Thomas A. Edison

Ketika tersandung kegagalan, jangan menyerah. Ingatkah kamu dengan kisah Thomas A. Edison? Berhasil menerangi dunia dengan lampu pijarnya setelah ratusan kali gagal!

  1. Saat kamu merasa ingin menyerah, ingat kembali alasanmu untuk memulai. Berjanjilah pada diri sendiri untuk menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai

Saat kamu merasa stuck, dan ingin menyerah. Tariklah nafas yang panjang dan ingat kembali motivasi terbesarmu memulai semuanya. Bayangkan senyum puasmu ketika berhasil menyelesaikannya. Ingat lagi bagaimana orang lain bisa turut merasakan manfaatnya ketika kamu berhasil melakukannya.

  1. Tuliskan pencapaian yang sudah kamu capai hari ini. Selalu ada hal yang patut untuk kamu syukuri setiap harinya

Ambillah buku catatan, atau buka aplikasi note pada smartphone-mu. Kemudian tuliskan apa saja yang berhasil kamu kerjakan hari ini, tersenyumlah, dan beri apresiasi atas keberhasilanmu itu! Hal tersebut dapat mengikis keraguan terhadap kemampuanmu sendiri.

Dengan bersyukur atas apa yang telah kamu miliki, dibanding memikirkan apa yang belum, dapat membuat pikiranmu lebih tenang, dan optimis. Ketika pikiranmu optimis, kamu tidak akan ragu untuk melangkah, dan kinerjamu pun akan menjadi lebih baik.

  1. Kepercayaan diri adalah buah dari upayamu untuk mencintai dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri tanpa syarat adalah sumber kekuatan diri yang sesungguhnya

Keraguan atas kemampuanmu sendiri bisa jadi muncul sebagai bentuk protes dari dalam dirimu sendiri. Saat kamu merasa tidak dicintai, dan tidak diperhatikan — terutama oleh dirimu sendiri, maka munculah keraguan itu. Berikan perhatian pada dirimu sendiri setiap hari. Konsumsilah makanan yang sehat dan kaya serat.

Pada dasarnya keraguan terhadap diri sendiri muncul karena kita belum mampu mengelola anggapan negatif baik dari dalam diri kita sendiri, maupun dari lingkungan kita. (berbagai sumber)

admininagurasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kesaktian Mustika Wijayakusuma 

Sel Nov 19 , 2019
Inagurasi.com – Mustika langka banyak di buru oleh para spiritual di tanah air, karena Batu Mustika Wijayakusuma Asli tidak akan mudah didapatkan kecuali orang-orang pilihan dan mempunyai spiritual yang mumpuni Mustika Wijayakusuma ini memiliki energi maha tingkat tinggi, energi dahsyatnya […]